umyogyak SUN@RTI ANG DH~IR

wellcome to the my bog

Kamis, 24 Maret 2011

Biologi kelas XI

SISTEM EKSKRESI
Ekresi merupakan pengeluaran zat sisa hasil metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi bagi tubuh organisme. Pada dasarnya peranan sistem ekskresi tersebut untuk memelihara homeostasis tubuh. Alat ekskresi yang dimiliki organisme berbeda-beda, semakin tinggi tingkatan makhluk hidup semakin kompleks alat ekskresinya. Zat sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari tubuh antara lain CO2, H2O, NH3 dan zat warna empedu. Sebelum diekskresikan, zat warna empedu mengalami oksidasi terlebih dahulu menjadi urobilinogen, yang menyebabkan warna kekuningan pada urin dan feses. Sistem ekskresi pada hewan invetebrata sangat sederhana.
Sistem ekskresi pada cacing pipih berupa sistem protonefridium. Sistem ini dilengkapi dengan seluran lingitudinal dan sel-sel api yang bersilia. Muara akhir sistem berupa pori-pori yang terletak pada permukaan tubuh dan disebut nefridiofor. Sistem ekskresi pada cacing tanah berupa nefridia yang terletak di setiap segmen tubuh kecuali tiga segmen pertama dan terakhir. Setiap nefridium tersusun atas nefrostoma, saluran yang berliku-liku dan berakhir pada nefridiofor.
Alat ekskresi pada serangga berupa pembuluh malpighi. Sistem ekskresi pada manusia dan hewan vertebrata terdiri dari ginjal, kulit, hati dan paru-paru. Ginjal merupakan alat ekskresi utama dan urin sebagai hasil produksinya. Tiga bagian utama penyusun ginjal ialah korteks, medula, dan pelvis renalis.
Proses pembentukan urin di dalam ginjal meliputi proses filtrasi, reabsorpsi dan augmentasi. Proses filtrasi terjadi di glomerulus dan kapsul bowman. Proses reabsorpsi terjadi di pembuluh proksimal, lengkung henle, pembuluh distal, dan pembuluh pengumpul. Proses augmentasi terjadi di pembuluh proksimal dan distal. Banyak sedikitnya urin yang dihasilkan dipengaruji oleh ADH, jumlah air yang diminum, hormon insulin. Hati menghasilkan empedu, paru-paru mengekskresikan H2O dan CO2, kulit mengekskresikan keringat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar