umyogyak SUN@RTI ANG DH~IR: Juni 2011

wellcome to the my bog

Selasa, 14 Juni 2011

cara merawat jenasah

Firman Allah Swt :

"Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada kami
kamu dikembalikan. ( QS. Al 'Ankabuut : 57).

Ayat tersebut mempertegas bahwa kita yang hidup di dunia ini pasti akan
merasakan mati. Namun kenyataannya banyak manusia yang terbuai dengan
kehidupan dunia sehingga hampir melupakan tujuan hidup yang sebenarnya, hal
ini juga membuat manusia tidak banyak yang mengingat tentang kematian.

Yang jadi permasalahan sekarang adalah, tidak ada manusia satupun yang
apabila mati kemudian berangkat sendiri menuju liang kuburnya. Tentu saja
hal ini adalah menjadi kewajiban bagi orang yang masih hidup, terutama
keluarga yang ditinggalkannya untuk mengurusnya sampai menguburkannya. 

Merawat jenazah adalah hukumnya wajib kifayah, namun setiap orang tentunya
wajib mengetahui tatacara bagaimana merawat jenazah yang sesuai dengan
tuntunan agama Islam. Karena kewajiban merawat jenazah yang pertama adalah
keluarga terdekat, apalagi kalau yang meninggal adalah orangtua atau anak
kita. Kalau kita tidak bisa merawatnya sampai menguburkannya berarti kita
tidak (birrul walidaini) berbakti kepada kedua orangtua kita.   
Rasulullah SAW telah bersabda :
" Apabila telah mati anak Adam, maka terputuslah amalnya. Kecuali tiga
perkara, shodaqoh jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang sholeh yang
mau mendo'akan kedua orangtuanya."

Disinilah kita harus menunjukkan bakti kita yang terakhir apabila orangtua
kita meninggal, yaitu dengan merawat sampai menguburkan serta mendo'akannya.

Permasalahan yang lain dan mungkin bisa saja terjadi adalah, karena ajal
bila sudah tiba saatnya, pastilah tidak bisa ditunda kapanpun dan dimanapun.
Bagaimana kalau kita seandainya sementara kita di tengah hutan belantara
jauh dari pemukiman dan kita punya teman cuma beberapa orang saja, sementara
kita tidak tahu mayat ini harus diapakan, pastilah kita akan berdosa.
 
Fenomena lain yang banyak terjadi sekarang, terutama di kota-kota besar.
Pengurusan jenazah kebanyakan tidak dilakukan oleh keluarga dekat, bahkan
keluarga tinggal terima bersih karena sudah membayar orang untuk merawatnya,
bahkan samapi mendo'akannya juga minta orang lain yang mendo'akan.

Inilah yang perlu kita pikirkan sepertinya di millist ini belum pernah ada
yang memberikan pencerahan. Mungkin diantara kita masih banyak yang belum
tahu tentang tatacara merawat jenazah dan kalaupun sudah tahu, semoga bisa
mengingatkannya kembali. Dan ini harus kita tanamkan pada diri kita
masing-masing dan juga anak-anak kita untuk jadi anak yang sholeh dan
sholehah, bila kita menghendaki kalau kita mati nanti anak kita dan keluarga
dekat kita yang merawatnya.

Jadi yang jelas pengurusan jenazah adalah menjadi kewajiban keluarga
terdekat si mayit, kalau keluarga yang terdekat tidak ada, barulah orang
muslim yang lainnya berkewajiban untuk merawatnya.

HUKUM MERAWAT JENAZAH

Hukum merawat Jenazah dalah Wajib Kifayah artinya cukup dikerjakan oleh
sebagian masyarakat , bila seluruh masyarakat  tidak ada yang merawat maka
seluruh masyarakat akan dituntut dihadapan Allah Swt.sedang bagi orang yang
mengerjakannya, mendapat pahala yang banyak.disisi Allah Swt.

SIAPA  ORANG YANG MERAWAT 
        *       Keluarga terdekat  (Ayah, Ibunya, Suami/Istrinya, Anak
putra/Putrinya, Kakak/Adiknya dst) namun sebaiknya yang sejenis pria oleh
pria wanita oleh wanita kecuali Suami / istrinya atau ayah dan ibunya.
        *       Bila Urutan tersebut di atas tidak ada baru beralih kepada
yang lain .

WAKTU PENYELENGGARAAN

Sesegera  mungkin, tidak ada keharusan menunggu berkumpulnya seluruh
kerabat.
        *       Sabda Rasullulah :
                        *       Ada 3(tiga) hal Hai Ali.. Jangan ditunda,
dilarang ditangguhkannya yaitu sholat bila telah datang waktunya, Jenazah
bila telah nyata kematiannya, dan wanita yang tidak ada suami bila telah
menemukan jodohnya.(Al Hadist)
                        *       Percepatkanlah penyelenggaraan jenazah, bila
ia seorang yang baik, perdekatkanlah kebaikannya dan bila tidak demikian,
maka kamu akan lepas kejelekannya tersebut dari bebanmu.


KAIFIAT (CARA PERAWATAN JENAZAH)

Bila telah terang, nyata, jelas ajalnya seseorang, maka segerakanlah
perawatannya, Adapun yang perlu dilakukan adalah :
        *       Pejamkan matanya.
        *       Lemaskan terutama tangan, dan kakinya diluruskan.
        *       Dikatupkan mulutnya, dengan ikatkan kain, dan lingkarkan
dagu, pelipis sampai ubun-ubun.
        *       Diutamakan ditelentangkan membujur menghadap kiblat dengan
kepala di sebelah kanan kiblat (untuk daerah Sidangoli  berarti kepala di
sebelah utara)
        *       Ditutup muka wajahnya, serta seluruh tubuhnya.
        *       Mengucapkan kalimat tarji' untuk istirja'(pasrah dengan
ikhlas dan ingat bahwa kita bersama akhirnya juga akan mengalami kematian
(Innalillahi wainna ilaihi rooji'uun (Al Baqorah Ayat 156)
        *       Mendoakannya (Allahumma ighfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu
anhu) artinya : Ya Allah semoga Alloh mengampuni , melimpahkan kasih
sayangnya, mema'afkannya serta memulyakannya, Al Hadist.
        *       Menyebarluaskan berita kematiannya kepada keluarga/ ahli
waris, kerabat dan masyarakat  lingkungannya.
        *       Mempersiapkan keperluan/perlengkapan perawatan mayat/
jenazah.
        *       Keluarga/ ahli waris segera menyelesaikan hak insani/Adam,
utang piutang, mengambil alih tanggunga jawab hingga bagi yang telah wafat
tiada lagi memiliki kewajiban. Kecuali mempertanggung jawabkan amal
perbuatannya.

HAK & KEWAJIBAN TERHADAP JENAZAH
        1.      Memandikannya / Mensucikannya.
        2.      Mengkafaninya/ Membungkus seluruh tubuhnya.
        3.      Mensalatkannya.
        4.      Menguburkannya.

JENAZAH YANG TIDAK MENDAPAT PERLAKUAN SEPERTI BIASA
        1.      Mati sahid  dalam peperangan tidak perlu dimandikan dan
dikafani cukup dimakamkan dengan pakaiannya yang melekat.
        2.      Mati di atas perjalanan laut, tak perlu dibawa ke darat
untuk dimakamkan apabila untuk mencapai daratan perlu waktu lama.
        3.      Mati saat Ihrom, maka kain kafannya cukup pakaian ihromnya
dan tidak boleh diberi parfum sebagaimana jenazah biasa.

MENSUCIKAN JENAZAH
Perlengkapan  yang diperlukan : 
1.              Air suci yang mensucikan yang cukup, dengan dicampuri
bau-bauan  
2.      Serbuk/larutan  kapur barus, untuk meredam bau. 
3.      Sarung tangan/ handuk tangan untuk membersihkan kotoran darah atau
najis lain. 
4.      Lidi dan sebagainya untuk membersihkan kuku. 
5.      Handuk untuk mengeringkan badan/ tubuh mayat selesai dimandikan.

CARA-CARA MEMANDIKAN MAYAT
1.              Bujurkanlah jenazah ditempat yang tertutup serta diutamakan
membujur menghadap kiblat dengan kepala di sebelah      kanan. 
2.      Lepaskanlah seluruh pakaian yang melekat dan menutup,serta pengikat
dagu dan pergelangan tangan.
3.      Tutuplah bagian auratnya sekedarnya.
4.      Lepaskan logam seperti cincin, dan gigi palsunya (Kalau ada)
5.      Bersihkan kotoran najisnya dengan didudukkan  dan meremas bagian
perutnya hingga kotorannya keluar.
6.      Bersihkan rongga mulutnya dari riak  atau darah kalau ada 
7.      Bersihkan kuku-kuku jari kaki dan tangannya. 
8.      Disunahkan menyiram air mulai  anggota yang kanan diawali dari
kepala bagian kanan terus kebawah, kemudian bagian      kiri dan diulang
3(tiga) kali 

PERHATIAN !!!!!
Dilarang memotong kuku,rambut dsb. karena dilarang menganiaya seseorang
jenazah dengan menimbulkan kerusakan atau cacat tubuhnya. 


CARA PELAKSANAAN MEMANDIKAN MAYAT
        1.      Mulai menyiram anggota wudhu secara urut, tertib, segera dan
rata, hingga 3(tiga) kali serta memulainya anggota wudhu sebelah kanan.
        2.      Menyiram seluruh tubuh 
        3.      Menggosok seluruh tubuh dengan air sabun.
        4.      Menyiram berulang kali sejumlah gasal, misalnya 3,5,7,9,11
kali, hingga rata dan bersih sesuai kebutuhan.
        5.      Menyiram dengan larutan kapur barus atau bau-bauan yang
harum, cendana dsb.
        6.      Mengeringkan seluruh tubuh badannya dengan handuk hingga
kering                                                               
      
        Perhatian :
        *       Saat menyiram air pada wajah muka, tutuplah lubang mata,
hidung, mulut dan telinganya, agar tidak kemasukan air.
        *       Apabila anggota tubuh terluka dalam menggosok dan
membersihkan bagian terluka supaya hati-hati dengan lembut seakan
memberlakukan pada waktu masih hidup tidak boleh semena-mena.

MENGKAFANI JENAZAH.
1.      Perlengkapan  
        a.      Selembar lingkaran badan dan yang lebih panjang dari seluruh
tubuh. 
        b.      Tujuh utas tali dari sobekan kain putih. 
        c.      Segi tiga tutup kepala/rambut 
        d.      Sehelai tutup dada, dengan berlobang pada bagian lehernya 
        e.      Sehelai tutup aurat dengan terlipat panjang. 

        Khusus wanita dilengkapi dengan :
        f.      Kain Basahan, sebagai penutup bagian aurat bawah. 
        g.      Mukena untuk rambut 
        h.      Baju untuk penutup bagian dada dan lengan. 

Perhatian :
Bahan perlengkapan, kain putih, cukup yang sederhana, tidak berlebihan
jenisnya,demikian juga bagai jenazah wanita kain basahan, baju, mukena
adalah yang sehari-hari dipakai.

Demikian juga disunahkan bagi mayat laki² dikafani sampai 3 lapis kain,
tiap-tiap lapis hendaknya dapat menutup seluruh tubuhnya, Selain 3 lapis itu
ditambah baju kurung dan sorban. 
Adapun bagi mayat wanita disunahkan 5 lapis, masing-masing berupa Sarung,
Baju, Kerudung dan 2 lapis yang menutup seluruh tubuhnya.


2.      Kapas
-               5 helai kapas selembar telapak tangan 
-       7 Bulatan kecil, penutup lobang 
-       Serbuk kapur barus, cendana dsb yang berfungsi sebagai pengharum. 


PERSIAPAN PENGATURAN BAHAN KAFAN

1.              Tali sebanyak 7 diletakkan di: 
                a.      Ujung Kepala 
                b.      Leher 
                c.      Pinggang/ pada lengan tangan 
                d.      Perut
                e.      Lutut
                f.      Pergelangan tangan
                g.      Ujung kaki 

2.              Letakkan kain memanjang seluruh tubuhnya, serta melebar
lingkaran badan dengan ditaburi serbuk kapur barus. 
3.      Aturlah dan letakkan sehelai tutup kepala/rambut. 
4.      Bentangkan tutup dada, dengan masih terhampar ke atas. 
5.      Letakkan sehelai tutup aurat (Semacam Celdam) memanjang dan melebar
ke bawah dan merupakan kain lipatan 
6.      Bagi wanita aturlah mukena,baju dan kain basahan yang sesuai dengan
letaknya.

CARA PELAKSANAAN MENGKAFANI

1.      Letakkan janazah membujur di atas kain kafan, dalam keadaan
tertutup selubung kain kafan (jangan sampai mayat telanjang secara terbuka).

2.      Tutuplah tujuh lubang yaitu, 2 mata, 2 telinga, 2 hidung dan 1.pusar
dengan bulatan kapas yang ditaburi serbuk kapur barus 
3.      Tutuplah lembaran kapas yang ditaburi sebuk kapur barus pada: 
        a.Wajah muka 
        b.Leher kanan & kiri 
        c.      Ketiak kanan & kiri 
        d.Lengan siku kanan dan kiri 
        e.      Di bawah dan atas peregelangan tangan. 
        f.      Kedua pergelangan kakinya. 
        g.      Kedua lingkaran mulut. 
4.      Bagi Jenazah pria : 
        a.Tutuplah segitiga kain putih di bagian rambut kepala dengan ikatan
pada jidat. 
        b.Katupkan tutup dada melalui lubang pada lehernya 
        c.      Katupkan lipatan tutup Celdam-nya  

5.      Bagi jenazah Wanita : 
        a.Letakkan tiga pintalan rambut ke bawah belakang kepala 
        b.Tutupkan kain mukena pada rambut kepala. 
        c.      Tutupkan belahan kain baju pada dada. 
        d.Lipatkankain basahan melingkar badan perut dan auratnya, di atas
penutup CD - nya.
6.      Katupkan dengan melingkar tubuh badannya kain kafan yang rapat,
tertib, menyeluruh. 


SHOLAT JENAZAH.
        1.      Syarat-syarat sholat Jenazah 
                a.              Sholat mayit sama syaratnya dengan sholat
lain yaitu menutup aurat,suci dari hadast besar maupun kecil,  bersih
badan, pakain dan tempatnya serta menghadap kiblat.  
                b.      Mayat sudah dimandikan dan dikafani 
                c.      Letak mayat di sebelah kiblat orang yang
menyembahyangkannya, kecuali  kalau sholat dilakukan di atas  kubur     atau
sholat ghoib. 


        2.      Rukun Sholat Mayit.
                        a.      Niat (Usholli "ala Haadza  al mayyiti
arba'a takbiiraatin fardo al Kifaayati Ma'muman/Imaaman Lillaahi Ta'ala). 
 *4*9$o*o? *m`=*9 *Io*$o"*4*9# o***o* ***N#o****;*4o? o*o0****o#
*Mn**oK9*##o*4f4*=o***`*=o*$#
                        .*E;2U#!o#
                        Artinya:
                        " Aku berniat shalat atas mayit ini dengan empat
kali takbir, fardhu kifayah karena Allah Ta'ala . Allaahu Akbar. 

                        b.      Berdiri bagi yang mampu. 
                        c.      Takbir empat kali 
                        d.      Membaca Fatihah 
                        e.      Membaca Sholawat nabi. 
                        f.      Mendo'akan mayit. 
                        *


trigonometri

PENGERTIAN

Pada segitiga siku-siku berlaku dalil phitagoras.
Sin a  = a/c
Cos a = b/c
tg a   = a/b

cosec a = c/a
sec a      = c/b
ctg a    = b/a
HUBUNGAN-HUBUNGAN
ctg a    = 1/tg a
sec a    = 1/cos a
cosec
a = 1/sin a

tg a = sin a / cos a
sin2 a + cos2 a = 1
tg2 a + 1 = sec2 a
SMA NEGERI 01

sudut istimewa

SUDUT ISTIMEWA

        

30°
45°
60°
90°
180°
270°
360°
sin
0
1/2
½ Ö2
½ Ö3
1
0
-1
0
cos
1
½ Ö3
½ Ö2
1/2
0
-1
0
1
tan
0
1/3 Ö3
1
Ö3
~
0
~
0

Sudut (90 - a)

sin (90 - a) = Cos a
Cos (90 - a) = sin a

tan
(90 - a) = cot a
Sudut (90 + a)

sin (90 + a) = Cos a
Cos (90 + a) = - sin a

tan
(90 + a) = - cot a
Sudut (180 - a)

sin (180 - a) = sin a
Cos (180 - a) = - Cos a
tan (180 - a) = - tan a
Sudut (180 + a)

sin (180+a) = -sina
Cos (180 + a) = - Cos a
tan (180 + a)
= tan a
Sudut (270 - a)

sin (270 - a) = - Cos a
cos
(270 - a) = - sin a
tan (270 - a)
= ctg a
Sudut (270 + a)

sin (270 + a) = -cos a
cos
(270 + a) = sin a
tan
(270 + a) = - cot a
Sudut (360 - a)

sin (360 - a) = - sin a
Cos (360 - a)
= Cos a
tan
(360 - a) = - tan a
Sudut (360 + a)

sin (360 + a) = sin a
Cos (360 + a) = Cos
a
tan
(360 + a) = tan a

Sudut Negatif

sin (-a)  = - sin a
Cos (-a) = Cos a
tan (-a) = - tan
a

Sudut negatif dihitung searah dengan jarum jam.
Tanda pada sudut negatif sesuai dengan tanda pada kuadran ke IV.

Keterangan :

Untuk a sudut lancip
Kuadran
Hubungan
I
a
atau
(90 - a)
II
(180 - a)
(90 + a)
III
(180 + a)
(270 - a)
IV
(360 - a)
(270 + a)

RINGKASAN

Sudut (180 ± a) ; (360 ± a) ® FUNGSI TETAP, tanda sesuai dengan                                           kuadran

Sudut (90 ± a) ; (270 ± a)    ® FUNGSI BERUBAH, tanda sesuai dengan                                         kuadran
UNG

rumus trigonometri

PENJUMLAHAN DUA SUDUT (a + b)

sin(a + b)  = sin a cos b + cos a sin b
cos(a + b) = cos a cos b - sin a sin b
tg(a + b )   = tg a + tg b
                 1 - tg2a


SELISIH DUA SUDUT
(a - b)

sin(a - b)  = sin a cos b - cos a sin b
cos(a - b) = cos a cos b + sin a sin b
tg(a - b )   = tg a - tg b
                 1 + tg2a


SUDUT RANGKAP

sin 2
a  = 2 sin a cos a
cos 2
a = cos2a - sin2 a
= 2 cos2
a - 1
= 1 - 2 sin2
a
tg 2
a  =  2 tg 2a 
            1 - tg2
a
sin
a cos a = ½ sin 2a
cos2
a = ½(1 + cos 2a)
sin2
a  = ½ (1 - cos 2a)

Secara umum :


sin n
a  = 2 sin ½na cos ½na
cos n
a = cos2 ½na - 1
= 2 cos2 ½n
a - 1
= 1 - 2 sin2 ½n
a
tg n
a =   2 tg ½na  
           1 - tg2 ½n
a

JUMLAH SELISIH DUA FUNGSI YANG SENAMA


BENTUK PENJUMLAHAN
® PERKALIAN

sin
a + sin b   = 2 sin a + b    cos a - b
                                2              2
sin
a - sin b   = 2 cos a + b    sin a - b
                                2             2
cos
a + cos b = 2 cos a + b    cos a - b
                                 2              2
cos
a + cos b = - 2 sin a + b   sin a - b
                                  2             2

BENTUK PERKALIAN
® PENJUMLAHAN

2 sin
a cos b = sin (a + b) + sin (a - b)
2 cos
a sin b = sin (a + b) - sin (a - b)
2 cos
a cos b = cos (a + b) + cos (a - b)
- 2 sin a cos b = cos (a + b) - sin (a - b)

PENJUMLAHAN FUNGSI YANG BERBEDA

Bentuk a cos x + b sin x

Merubah bentuk a cos x + b sin x ke dalam bentuk K cos (x -
a)

a cos x + b sin x = K cos (x-
a)
dengan :                     
             K = Öa2 + b2 dan tg a = b/a Þ a = ... ?

Kuadran dari a ditentukan oleh kombinasi tanda a dan b sebagai berikut

I
II
III
IV
a
+
-
-
+
b
+
+
-
-
keterangan :
a = koefisien cos x
b = koefisien sin x

PERSAMAAN
I. sin x = sin
a Þ x1 = a + n.360°
                         x2 = (180° -
a) + n.360°



    cos x = cos
a Þ x = ± a + n.360°


tg x = tg a
Þ x = a + n.180°    (n = bilangan bulat)

II. a cos x + b sin x = c
     a cos x + b sin x = C
            K cos (x-
a) = C
               cos (x-
a) = C/K
     syarat persamaan ini dapat diselesaikan
     -1
£ C/K £ 1 atau K² ³ (bila K dalam bentuk akar)

misalkan C/K = cos
b
  cos (x -
a) = cos b
        (x -
a) = ± b + n.360° ® x = (a ± b) + n.360°
SMA NEGERI 01 UNGGULAN KAMANRE
Blog ini
Di-link Dari Sini
Daftar Blog Saya
Blog ini
 
 
 
 
Di-link Dari Sini
 
 
 

Daftar Blog Saya
 
 
 

Menampilkan entri terbaru dengan label bahasa Indonesia. Tampilkan entri lawas
Menampilkan entri terbaru dengan label bahasa Indonesia. Tampilkan entri lawas

Kamis, 24 Maret 2011

cerpen

Kumpulan Cerpen Kompas

arsip cerita pendek kompas minggu

Mar Beranak di Limas Isa


Ada sebuah hikayat yang hendak aku terakan, tentang Bi Maryam istrinya Mang Isa. Perempuan yang telah melewati usia kepala empat, tetapi masih saja rajin beranak. Baiklah, untuk menuntaskan keingintahuan yang telah bersarang, kita buka saja cerita ini.
Oya, sebelumnya kita buat kesepakatan: Untuk memudahkan aku bercerita, kita singkat saja nama Bi Maryam menjadi Bi Mar, tersebab lidahku agak sulit menyebut namanya bila kuucapkan secara panjang. Jadi ketika aku menyebutkan nama Bi Mar, kau pahamlah kalau yang kumaksud adalah Bi Maryam istrinya Mang Isa, lantaran sangat banyak Bi Mar di dusun Tanah Abang.
Baca entri selengkapnya »
Written by tukang kliping
20 Maret 2011 at 09:35
Ditulis dalam Cerpen
Ditandai dengan

Malam di Kota Merah


Malam. Malam yang dingin. Angin seperti menghunus pisau dan mengiris setiap inci kulit waktu.

drama

Drama
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Untuk kegunaan lain, lihat Drama (disambiguasi) .
"Drama" beralih ke halaman ini. Untuk band indie rock, lihat The Drama .
Drama-icon.svg
Sastra
Mayor bentuk

Novel · Puisi · Drama
Cerita pendek · Novella
Genre

Epic · Lyric · Drama
Romance · Satir
Tragedi · Komedi
Tragikomedi
Media

Kinerja ( bermain ) · Buku
Teknik

Prosa · Ayat
Sejarah dan daftar

Garis sastra
Indeks istilah
Sejarah · Modern sejarah
Buku · Penulis
Sastra penghargaan · Puisi penghargaan
Diskusi

Kritik · Teori · Majalah

Drama adalah spesifik modus dari fiksi diwakili dalam kinerja . [1] Istilah ini berasal dari bahasa Yunani kata yang berarti " aksi "( klasik Yunani : δρᾶμα, drama), yang diturunkan dari "melakukan" ( klasik Yunani : δράω, drao) . Pemberlakuan drama dalam teater , dilakukan oleh aktor di atas panggung sebelum penonton , mengandaikan kolaboratif mode produksi dan kolektif bentuk penerimaan. The struktur teks dramatis , tidak seperti bentuk lain dari sastra , secara langsung dipengaruhi oleh produksi kolaboratif dan penerimaan kolektif. [2] The modern awal tragedi Dusun ( 1601 ) oleh Shakespeare dan klasik Athena tragedi Oedipus Raja (c. 429 SM) oleh Sophocles adalah salah satu karya agung dari seni drama. [3]

Dua topeng yang terkait dengan drama tradisional merupakan generik pembagian antara komedi dan tragedi . Mereka adalah simbol dari Yunani kuno Muses , Thalia dan Melpomene . Thalia adalah Muse komedi (wajah tertawa), sedangkan Melpomene adalah Muse tragedi (muka menangis). Dianggap sebagai genre puisi secara umum, modus dramatis telah kontras dengan epik dan lirik mode sejak Aristoteles 's Poetics (c. 335 SM)-karya awal teori dramatis . [4]

Penggunaan "drama" dalam arti sempit untuk menunjuk jenis tertentu bermain tanggal dari abad ke-19 . Drama dalam pengertian ini mengacu pada sebuah drama yang bukan komedi atau tragedi-misalnya, Zola Thérèse Raquin ( 1873 ) atau Chekhov's Ivanov ( 1887 ). Ini adalah pengertian sempit bahwa film dan televisi industri dan kajian film diadopsi untuk menggambarkan " drama "sebagai genre dalam media masing-masing. [5] " Radio drama "telah digunakan dalam kedua indera-awalnya dikirim dalam live performance, itu juga telah digunakan untuk menggambarkan tinggi alis dan serius mengakhiri lebih dari output dramatis radio . [6]

Drama sering dikombinasikan dengan musik dan tarian : drama di opera yang dinyanyikan seluruh; musikal termasuk berbicara dialog dan lagu , dan beberapa bentuk drama telah iringan musik biasa ( melodrama dan Jepang NO misalnya)., [7] Pada periode tertentu sejarah (kuno Romawi dan modern Romantis ) drama telah ditulis untuk dibaca daripada dilakukan. [8] Pada improvisasi , drama tidak pra-ada saat kinerja; pemain merancang sebuah script yang dramatis secara spontan sebelum penonton. [9 ]
Isi
[hide]

1 Sejarah drama Barat
1.1 Athena drama Klasik
1.2 Roman drama
1.3 Abad Pertengahan
1.4 Elizabethan dan Jacobean
1,5 modern dan postmodern
2 Asian drama
2.1 India
2.2 Cina
2.3 Jepang
3 Bentuk drama
Opera 3.1
3.2 pantomim
3.3 Kreatif drama
4 Kolaborasi bermain menulis
5 Status hukum
5.1 Inggris
6 Lihat juga
7 Catatan
8 Sumber
9 Pranala luar

[ sunting ] Sejarah drama Barat
[show] v · d · e
Sejarah teater Barat
[ sunting ] drama Athena Klasik
[show] v · d · e
Klasik Athena drama

Barat drama berasal dari Yunani klasik . [10] The budaya teater dari negara-kota dari Athens menghasilkan tiga genre drama: tragedi , komedi , dan bermain satir . asal mereka tetap tidak jelas, walaupun pada abad ke-5 SM mereka dilembagakan dalam kompetisi diadakan sebagai bagian dari perayaan merayakan dewa Dionysus . [11] Sejarawan tahu nama dari banyak dramawan Yunani kuno, tidak sedikit Thespis , yang dikreditkan dengan inovasi seorang aktor ("hypokrites") yang berbicara (bukan menyanyi) dan impersonates sebuah karakter (daripada berbicara secara langsung sendiri), sedangkan berinteraksi dengan paduan suara dan pemimpin perusahaan (" dirigen "), yang merupakan bagian tradisional kinerja of-dramatis puisi non ( yg bersifat puji-pujian , lirik dan epik .) [12] Hanya sebagian kecil dari karya lima dramawan, bagaimanapun, telah bertahan sampai hari ini: kita memiliki sejumlah kecil teks lengkap oleh tragedians Aeschylus , Sophocles dan Euripides , dan penulis komik Aristophanes dan, dari akhir abad ke-4, Menander . [13] sejarah tragedi 'Aeschylus Persia adalah drama tertua yang masih hidup, meskipun ketika memenangkan hadiah pertama di Kota Dionysia kompetisi di 472 SM, ia telah bermain untuk lebih dari 25 tahun. penulisan [14] Kompetisi (" agon ") untuk tragedi yang mungkin telah mulai sedini 534 SM; catatan resmi (" didaskaliai ") mulai dari 501 SM, ketika bermain satir diperkenalkan. [15 ] Tragis dramawan diminta untuk menyajikan sebuah tetralogi dari memainkan (meskipun karya-karya individu tidak selalu dihubungkan dengan cerita atau tema), yang biasanya terdiri dari tiga tragedi dan satu bermain satir (meskipun pengecualian dibuat, seperti dengan Euripides ' Alcestis di 438 SM ). Komedi secara resmi diakui dengan hadiah dalam kompetisi 487-486 SM. Lima dramawan komik berkompetisi di Dionysia City (meskipun selama Perang Peloponnesia ini mungkin telah berkurang menjadi tiga), masing-masing menawarkan komedi tunggal. [16] Yunani Kuno komedi secara tradisional dibagi antara "komedi lama" (abad ke-5 SM), " komedi tengah "(abad ke-4 SM) dan" komedi baru "(akhir abad ke-4 untuk 2 SM). [17]
[ sunting ] drama Romawi
[show] v · d · e
Romawi dan Bizantium teater

Menyusul perluasan Republik Romawi (509-27 SM) ke beberapa wilayah Yunani antara 270-240 SM, Roma ditemui drama Yunani . [18] Dari tahun kemudian republik dan dengan cara dari Kekaisaran Romawi (27 SM-476 AD), teater yang tersebar di seluruh Eropa barat, sekitar Mediterania dan mencapai Inggris; Romawi teater lebih bervariasi, luas dan canggih daripada budaya sebelum itu. [19] Sementara drama Yunani terus dilakukan sepanjang periode Romawi, tahun 240 SM menandai awal biasa drama Romawi . [20] Dari awal kekaisaran, namun, minat panjang menurun drama penuh mendukung berbagai hiburan teater yang lebih luas. [21] Karya-karya penting pertama dari literatur Romawi adalah itu tragedi dan komedi yang Livius Andronicus menulis dari 240 SM. [22] Lima tahun kemudian, Gnaeus Naevius juga mulai menulis drama. [22] No diputar dari penulis baik selamat. Sementara kedua dramawan terdiri di kedua genre , Andronikus paling dihargai karena tragedi dan Naevius untuk komedi Nya; cenderung penerus spesialisasi dalam satu atau yang lain, yang menyebabkan pemisahan berikutnya perkembangan masing-masing jenis drama. mereka [22] Pada awal abad ke-2 SM, drama tegas didirikan di Roma dan guild penulis (poetarum collegium) telah terbentuk. [23] The komedi Romawi yang selamat semua palliata fabula (komedi berdasarkan subyek Yunani) dan datang dari dua dramawan: Titus Maccius Plautus (Plautus) dan Terentius Afer Publius Terence). ( [24] Di ulang kerja aslinya Yunani, Romawi dramawan komik menghapuskan peran paduan suara dalam membagi drama ke dalam episode dan memperkenalkan iringan musik untuk nya dialog (antara satu-sepertiga dari dialog dalam komedi Plautus dan dua-pertiga dalam orang-orang Terence). [25] Tindakan dari semua adegan diatur di lokasi eksterior jalan dan komplikasi yang sering mengikuti dari menguping . [25] Plautus, yang lebih populer dari dua, menulis antara 205 dan 184 SM dan dua puluh komedi nya bertahan hidup, yang nya farces yang paling dikenal, ia dikagumi untuk wit dialog dan dia menggunakan berbagai puitis meter . [26] Semua enam komedi yang Terence menulis antara 166 dan 160 SM selamat, kompleksitas plot nya, di mana ia sering digabungkan beberapa Yunani asli, kadang-kadang mencela, tapi double-plot nya diaktifkan presentasi canggih . perilaku manusia kontras [26] No tragedi Romawi awal bertahan, meskipun itu sangat dihormati dalam sehari; sejarawan tahu tiga-awal tragedians Quintus Ennius , Marcus Pacuvius dan Lucius Accius . [25] Sejak masa kekaisaran, pekerjaan dari dua tragedians bertahan-satu adalah seorang penulis tidak diketahui, sementara yang lain adalah filsuf Stoic Seneca . [27] Sembilan organisasi-tragedi Seneca bertahan hidup, yang semuanya crepidata fabula (tragedi diadaptasi dari aslinya Yunani); nya Phaedra , misalnya, berdasarkan Euripides ' Hippolytus . [28] Para sejarawan tidak tahu yang menulis satu-satunya yang masih ada contoh dari praetexta fabula (tragedi berdasarkan subyek Romawi), Octavia , tetapi pada zaman dulu itu keliru dihubungkan dengan Seneca karena penampilannya sebagai karakter dalam tragedi itu. [27]
[ sunting ] Abad Pertengahan
[show] v · d · e
Abad Pertengahan teater

Pada Abad Pertengahan, drama dalam bahasa vernakular Eropa mungkin telah muncul dari enactments agama dari liturgi . Misteri memainkan disajikan di beranda katedral atau dengan berjalan pemain pada hari-hari raya . Miracle dan misteri bermain, bersama dengan moralitas dan selingan , kemudian berevolusi menjadi bentuk yang lebih rumit drama, seperti terlihat pada tahapan Elizabethan.
[ sunting ] Elizabethan dan Jacobean
Artikel utama: Bahasa Inggris Renaissance teater

Salah satu flowerings besar drama di Inggris terjadi pada abad 16 dan 17. Banyak dari drama ditulis dalam ayat, terutama panca iambik . Selain Shakespeare, penulis seperti Christopher Marlowe , Thomas Middleton , dan Ben Jonson yang dramawan menonjol selama periode ini. Seperti pada periode abad pertengahan , memainkan sejarah merayakan kehidupan raja-raja masa lalu, meningkatkan citra Tudor monarki. Penulis periode ini menggambar beberapa dari alur cerita mereka dari mitologi Yunani dan mitologi Romawi atau dari drama dramawan Romawi terkemuka seperti Plautus dan Terence .
[ sunting ] modern dan postmodern
[show] v · d · e
Modern drama

Dan inovatif kontribusi penting dari abad ke-19 dramawan Norwegia Henrik Ibsen dan abad ke-20 Jerman praktisi teater Bertolt Brecht mendominasi drama modern; diilhami tradisi peniru, yang meliputi banyak terbesar dramawan modern. era masing-masing [29] Karya-karya kedua penulis naskah drama, dalam cara yang berbeda, baik modernis dan realis , menggabungkan formal eksperimen , meta-sandiwara , dan kritik sosial . [30] Dalam hal wacana teoritis tradisional dari genre, adalah pekerjaan Ibsen telah digambarkan sebagai puncak yang dari " tragedi liberal ", sedangkan Brecht telah diselaraskan dengan historicised komedi. [31]

dramawan penting lain dari era modern termasuk August Strindberg , Anton Chekhov , Frank Wedekind , Maurice Maeterlinck , Federico García Lorca , Eugene O'Neill , Luigi Pirandello , George Bernard Shaw , Ernst lonceng , Vladimir Mayakovsky , Arthur Miller , Tennessee Williams , Jean Genet , Eugène Ionesco , Samuel Beckett , Harold Pinter , Dürrenmatt Friedrich , Dario Fo , Heiner Müller , dan Caryl Churchill .
[ sunting ] drama Asia
[ sunting ] India
Artikel utama: Teater di India dan Sansekerta drama
Sebuah adegan dari drama musikal India yakshagana '

drama India (nautanki) adalah ditelusuri kembali ke episode dramatis tertentu yang dijelaskan dalam Rgveda , yang tanggal kembali ke 2 SM milenium. Awal contoh termasuk Yama-Yami episode dan himne dialog Rigvedic . drama ini membahas masalah-masalah manusia serta para dewa. Sifat memainkan berkisar dari tragedi ke komedi cahaya.

Dramawan sering bekerja pada tema-tema mitologi atau sejarah yang sudah ada yang akrab bagi penonton zaman. Sebagai contoh, banyak memainkan plot mereka menarik garis dari Ramayana dan Mahabharata , pada epos besar India . Kisah-kisah mereka sering telah digunakan untuk plot dalam drama India dan praktek ini terus berlanjut hari ini.

Akun teoritis awal drama India Bharata Muni 's Natya Shastra (harfiah "Kitab Suci of Dance", meskipun kadang-kadang diterjemahkan sebagai "Ilmu Teater '") yang mungkin setua abad ke-3 SM. Teks khusus menggambarkan cara yang tepat seseorang harus pergi tentang pementasan drama Sansekerta. Ini alamat berbagai topik termasuk kesempatan yang tepat untuk pementasan sebuah drama, desain yang tepat untuk teater, jenis orang yang boleh kritik drama dan, terutama, spesifik petunjuk dan saran untuk aktor, dramawan dan (setelah mode) produsen. Teori rasa digambarkan dalam teks telah menjadi pengaruh besar pada modern film India , terutama Bollywood , [32] di samping Bengali film seperti The Trilogy Apu , yang sendiri telah memiliki pengaruh besar terhadap bioskop dunia . [33]

Drama ini dilindungi oleh raja-raja serta majelis desa. awal dramawan terkenal termasuk Bhasa , Kalidasa (terkenal dengan Vikrama dan Urvashi , Malavika dan Agnimitra , dan The Pengakuan Shakuntala ), Śudraka (terkenal dengan The Little Clay Keranjang ), Asvaghosa , Daṇḍin , dan Kaisar Harsha (terkenal dengan Nagananda , Ratnavali dan Priyadarsika ).
[ sunting ] China
Artikel utama: opera Cina

Teater Cina memiliki sejarah yang panjang dan rumit. Hari ini sering disebut opera Cina meskipun hal ini biasanya mengacu khusus untuk bentuk populer dikenal sebagai Opera Beijing dan Kunqu , ada bentuk lain dari teater di Cina.
[ sunting ] Jepang

Japanese drama adalah bentuk dramatis serius yang menggabungkan drama, musik, dan tari menjadi pertunjukan pengalaman estetis lengkap. Yang berkembang di abad ke-14 dan 15 dan memiliki instrumen musik sendiri dan kinerja teknik, yang seringkali diwariskan dari ayah ke anak. Para pemain umumnya laki-laki (baik untuk peran laki-laki dan perempuan), walaupun amatir perempuan juga melakukan drama No. Tidak ada drama didukung oleh pemerintah, dan terutama militer, dengan komandan militer memiliki banyak kelompok-kelompok mereka sendiri dan kadang-kadang melakukan sendiri. Hal ini masih dilakukan di Jepang hari ini. [34]

Kyogen adalah mitra komik ke No drama. Ini lebih berkonsentrasi pada dialog dan kurang pada musik, walaupun kadang muncul instrumentalis NO juga di kyogen. Kabuki drama, dikembangkan dari abad ke-17, merupakan bentuk lain komik, yang meliputi tari.
[ sunting ] Bentuk drama
[ sunting ] Opera

opera Barat adalah sebuah bentuk seni dramatis, yang muncul selama Renaissance dalam upaya untuk menghidupkan kembali tradisi drama Yunani klasik di mana musik dan teater baik digabungkan. Menjadi sangat berkaitan dengan musik klasik barat , opera telah mengalami perubahan besar dalam empat abad terakhir dan ini merupakan bentuk penting dari teater sampai hari ini. Yang perlu diperhatikan adalah pengaruh besar dari abad ke-19 komponis Jerman Richard Wagner pada tradisi opera. Dalam pandangannya, tidak ada keseimbangan antara musik dan teater di opera waktu, karena musik tampaknya lebih penting daripada aspek dramatis dalam karya-karya ini. Untuk mengembalikan koneksi dengan tradisional drama Yunani , ia sepenuhnya memperbaharui format opera, dan untuk menekankan pentingnya sama musik dan drama dalam karya-karya baru, ia menyebut mereka " musik drama ".

opera Cina telah melihat perkembangan lebih konservatif selama lebih lama sedikit dari waktu.
[ sunting ] pantomim
Artikel utama: pantomim

Cerita-cerita ini mengikuti tradisi dongeng dan cerita rakyat , biasanya ada pelajaran yang dapat dipetik, dan dengan bantuan dari para penonton pahlawan / pahlawan menyelamatkan hari. Jenis bermain menggunakan karakter saham terlihat pada teater topeng dan lagi dell'arte Commedia , karakter ini termasuk penjahat (doctore), badut / hamba (Arlechino / Harlequin / tombol), dll pecinta memainkan ini biasanya memiliki penekanan pada moral dilema , dan baik selalu menang atas kejahatan, jenis permainan juga sangat menghibur membuatnya menjadi cara yang sangat efektif menjangkau banyak orang.
[ sunting ] drama Kreatif

drama Kreatif termasuk kegiatan dramatis dan permainan digunakan terutama dalam bidang pendidikan dengan anak-anak. Akarnya di Amerika Serikat dimulai pada awal 1900-an. Winifred Ward yang dianggap sebagai pendiri drama kreatif di bidang pendidikan, mendirikan penggunaan akademis pertama drama di Evanston, Illinois [ rujukan? ].
[ sunting ] bermain Kolaborasi menulis

Kolaborasi penulisan drama untuk teater tersedia di Wikiversity (lihat di bawah).
[ sunting ] Status hukum
[ sunting ] Inggris

Para Hak Cipta, Desain dan Paten Act 1988 tidak mendefinisikan karya dramatis kecuali untuk menyatakan bahwa hal itu termasuk sebuah karya tari atau mime. Namun, jelas bahwa pekerjaan dramatis termasuk skenario atau script untuk film, bermain (ditulis untuk teater, bioskop televisi atau radio). [35] dan koreografi. [36]
[ sunting ] Lihat pula

Drama Terapan
Kaisar drama
Christian drama
Closet drama
Kostum drama
Kejahatan drama
Drama Domestik
Drama struktur
Teori Drama
Flash drama



Folk bermain
Heroic drama
Sejarah teater
Hukum drama
Medical drama
Sandiwara sensasi
Monodrama
Buku penuh sensasi
Satu tindakan bermain
Bermain



Politik drama
Radio drama
Komedi stambul
Teater penghargaan
Dua-hander
Ayat drama dan ayat dramatis
Dibuat dengan baik bermain
Yakshagana -Sebuah drama musik India

[ sunting ] Catatan

^ Elam (1980, 98).
^ Pfister (1977, 11).
^ Fergusson (1949, 2-3).
^ Francis Fergusson menulis bahwa "sebuah drama, yang dibedakan dari lirik , bukan terutama komposisi dalam medium verbal, sedangkan kata-kata hasil, sebagai salah satu mungkin mengatakan, dari dasar struktur kejadian dan karakter . Sebagai Aristoteles komentar, 'yang penyair, atau "pembuat" harus pembuat plot daripada ayat-ayat, karena ia adalah seorang penyair karena ia imiates , dan apa yang ia meniru adalah tindakan '"(1949, 8).
^ Lihat juga Wikipedia Daftar film drama .
^ Banham (1998, 894-900).
^ Lihat entri untuk "opera", "teater musikal, Amerika", "melodrama" dan "tidak" dalam Banham (1998).
^ Sementara ada beberapa sengketa antara para sejarawan teater, besar kemungkinan bahwa bermain oleh Romawi Seneca tidak dimaksudkan untuk dilakukan. Manfred oleh Byron adalah contoh yang baik dari sebuah " puisi dramatis . " Lihat entri pada "Seneca" dan "Byron (George George)" di Banham (1998).
^ Beberapa bentuk improvisasi, terutama dell'arte Commedia , berimprovisasi berdasarkan 'lazzi' atau kasar menguraikan tindakan indah (lihat Gordon (1983) dan Duchartre (1929)). Semua bentuk improvisasi mengambil isyarat dari tanggapan langsung mereka satu sama lain, situasi karakter mereka '(yang kadang-kadang ditetapkan di muka), dan, sering, interaksi mereka dengan penonton. Formulasi klasik improvisasi dalam teater berasal dengan Joan Littlewood dan Keith Johnstone di Inggris dan Viola Spolin di Amerika Serikat. Lihat Johnstone (1981) dan Spolin (1963).
^ Brown (1998, 441), Cartledge (1997, 3-5), Goldhill (1997, 54), dan Ley (2007, 206). Taxidou mencatat bahwa "kebanyakan sarjana sekarang disebut 'Athena' tragedi tragedi 'Yunani', yang secara historis benar" (2004, 104). Brown menulis bahwa drama Yunani kuno "pada dasarnya penciptaan Athena klasik : semua dramawan yang kemudian dianggap sebagai klasik yang aktif di Athena pada abad ke-5 dan ke-4 SM (saat demokrasi Athena ), dan semua bertahan memainkan tanggal dari periode ini "(1998, 441). "Budaya dominan Athena pada abad kelima ", Goldhill menulis," dapat dikatakan telah menciptakan teater "(1997, 54).
^ Brockett dan Hildy (2003, 13-15) dan Banham (1998, 441-447).
^ Banham (1998, 441-444). Untuk informasi lebih lanjut tentang dramawan Yunani kuno, lihat artikel dikelompokkan dalam "drama Yunani Kuno dan dramawan" di Wikipedia .
^ Teori bahwa Prometheus Bound tidak ditulis oleh Aeschylus akan membawa nomor ini untuk enam dramawan yang karyanya bertahan.
^ Banham (1998, 8) dan Brockett dan Hildy (2003, 15-16).
^ Brockett dan Hildy (2003, 13, 15) dan Banham (1998, 442).
^ Brockett dan Hildy (2003, 18) dan Banham (1998, 444-445).
^ Banham (1998, 444-445).
^ Brockett dan Hildy (2003, 43).
^ Brockett dan Hildy (2003, 36, 47).
^ Brockett dan Hildy (2003, 43). Untuk informasi lebih lanjut tentang drama Romawi kuno, lihat artikel dikelompokkan dalam "drama Romawi Kuno dan dramawan" di Wikipedia .
^ Brockett dan Hildy (2003, 46-47).
^ a b c Brockett dan Hildy (2003, 47).
^ Brockett dan Hildy (2003, 47-48).
^ Brockett dan Hildy (2003, 48-49).
^ a b c Brockett dan Hildy (2003, 49).
^ a b Brockett dan Hildy (2003, 48).
^ a b Brockett dan Hildy (2003, 50).
^ Brockett dan Hildy (2003, 49-50).
^ Williams (1993, 25-26) dan Moi (2006, 17). Moi menulis bahwa "Ibsen adalah penulis drama paling penting menulis setelah Shakespeare Dia. Pendiri teater modern memainkan Nya klasik dunia,. Dipentaskan di setiap benua, dan belajar di ruang kelas di mana-mana. Dalam setiap tahunnya, ada ratusan produksi Ibsen di dunia. " Ibsenites termasuk George Bernard Shaw dan Arthur Miller ; Brechtians termasuk Dario Fo , Joan Littlewood , WH Auden Peter Weiss , Heiner Müller , Peter Hacks , Tony Kushner , Caryl Churchill , John Arden , Howard Brenton , Edward Bond , dan David Hare .
^ Moi (2006, 1, 23-26). Taxidou menulis: "Ini mungkin historis lebih akurat, meskipun secara metodologis kurang memuaskan, untuk membaca gerakan Naturalis di teater hubungannya dengan estetika anti-illusionist lebih dari teater periode yang sama rumit ini. interlock dan tumpang tindih dalam segala macam cara, bahkan ketika mereka keras mengecam satu sama lain (mungkin terutama ketika) dalam modus disukai waktu, manifesto "(2007, 58).
^ Williams (1966) dan Wright (1989).
^ Jones Matius (Januari 2010), "Bollywood, Rasa dan Cinema India: Kesalahpahaman, Makna dan Millionaire", Antropologi Visual 23 (1): 33-43
^ Cooper, Darius (2000), The Cinema of Satyajit Ray: Antara Tradisi dan Modernitas, Cambridge University Press , 1-4, hlm ISBN 0521629802
^ Website referensi
^ Green v. Broadcasting Corporation Selandia Baru [1989]
^ The fiksasi seperti karya dapat dilakukan secara tertulis "atau yang lain" dan dengan demikian mungkin, misalnya, pada film. Dimana karya dramatis dicatat pada sebuah film, film ini harus berisi seluruh karya dramatis dalam keadaan tidak dimodifikasi: Norowzian v. Arks [2000] (tari direkam pada film, yang kemudian diedit, tidak bisa dilindungi karena film drastis telah diedit dan tidak karena rekaman tarian).

Selasa, 08 Februari 2011

majas

MAJAS
A.pengertian dan macam majas
Majas adalah bahasa kias yangdipergunakan untuk menimbulkan kesan imajinatif atau menciptakan efek tertentu bagi pembaca atau pendengarnya.
Majas terdiri atas:
1.majas perbandingan
Majas perbandingan meliputi:
1)asosiasi atau perumpamaan
Adalah perbandingan dua hal yang pada hakikatnya berbeda,tetapi sengaja dianggap sama.majas ini ditandai oleh penggunaan kata bagai,bagaikan,seumpama,seperti,dan laksana.
Contoh:
(a)semangatnya keras bagaikan baja
(b).mukanya pucat bagaikan mayat
2)Metapora
Adalah majas yang perbandingan yang diungkapkan secara singkat dan padat.
Contoh:
(a).dia dianggap anak emas majikannya.
(b).perpustakaan adalah gudang ilmu.
3)personifikasi
Adalah majas yang membandingkan benda-benda tak bernyawa seolah-olah mempunyai sifat seperti manusia.
Contoh:
(a).badai mengamuk dan merobohkan rumah.
(b).ombak berkejar-kejaran di tepi pantai.
4)Alegori
Adalah majas perbandingan yang bertautansatu dan yang lainnya dalam kesatuan yang utuh.alegori biasanya berbentuk cerita yang penuh dengan simbol-simbol bermuatan moral.
Contoh:cerita kancil dan burung gagah.
5)simbolik
Adalah majas yang melukiskan sesuatu dengan mempergunakan benda-benda lain sebagai simbol atau lambang.
Contoh:
(a)bunglon,lambang orang yang tak berpendirian.
(b)melati,lambang kesucian.
(c)teratai,lambang pengabdian.
6)Metonimia
Adalah majas yang menggunakan ciri atau label dari sebuah benda untuk menggantikan benda tersebut.
Contoh:
(a) .Dikantongnya selalu terselip gudang garam.(maksudnya rokok gudang garam)
(b) setiap hari ayah selalu menghirup kapal api.(maksudnya kopi kapal api)
7)sinekdokke
Adalah majas yang menyebutkan bagian untuk menggantikan benda secara keseluruhan atau sebaliknya.majas ini terbagi dua;
a) pars pro toto,yaitu menyebutkan sebagian untuk keseluruhan.
Contoh:(a) .Hingga detik ini dia belum kelihatan batang hidungnya.
(b).Perkepala mendapat Rp.300.000.
b).totem pro parte,yaitu menyebutkan keseluruhan untuk sebagian.
Contoh:(a).dalam pertandingan bola indonesia melawan argentina.
(b).indonesia akan mencari idolanya besok lusa.
B . Majas pertautan
Majas pertautan terdiri atas :
1).alusio
Adalah majas yang menunjuk secara tidak langsung pada suatu tokoh atau peristiwa yang sudah diketahui berasama.
Contoh :(a).pada 20 mei musim kemarau datang (karya suhendra)
2)elipsis
Majas yang didalamnya terdapat penghilangan kata atau bagian kalimat.
Contoh:biarkan kapalnya tenggelam dan hilang di tengah laut.
3)inversi
Adalah majas yang dinyatakan oleh pengubahan susunan kalimat.
Contoh:kuraba mitlatiur jepang dari baja hitam
C.majas pertentangan
Majas pertentangan terdiri atas :
1).paradoks
Adalah majasyang mengandung pertentangan antara pernyataan dan fakta yang ada.
Contoh:(a).aku merasa sepi ditempat yang ramai itu.
(b).hatiku merintih disaat hingar bingar acara yang sedang berlangsung.
2).litoses
Adalah majas yang menyatakan sesuatu dengan cara yang berlawanan dari kenyataannya dengan mengecilkan atau menguranginya.tujuannya untuk merendahkan diri.
Contoh:
(a).mengapa kamu meminta tolong kepada orang yang bodoh
seperti saya .
(b).berdandanlah seadanya hanya dengan memakai bedak saja.
3).antitesis
Adalah majas yang mempergunakan pasangan kata yang berlawanan artinya.
Contoh:(a).kaya miskin,cantik jelek,sama saja manusia dimata allah.
(b).besar kecil,tua muda,tinggi pendek,ikut meramaikan HUT RI.
4).hiperbola
Adalah majas yang berupa pernyataan berlebihan dari kenyataannya dengan maksud memberikan kesan mendalam atau meminta perhatian.
Contoh:(a).tubuhnya tinggal kulit pembalut tulang.
(b).matanya melotot bagai senter.
4.pengulangan
Majas pengulangan terdiri atas:
1).antanaklasis
Adalah majas yang mengandung ulangan kata yang sama dengan makna yang berbeda.
Contoh:pintu-pintu langit,rimba sepi dan kejadian.
(dari mimpi karya abdul w.m.)
2).kiasmus
Adalah majas yang berisi pengulangan dan sekaligus merupakan inversi.
Contoh:karena malam bukan siangnya gelombang dan siang bukan malamnya jalang.
(dari orang perahu karya sutan iwan soekri mukri)
3).repetisi
Adalah majas perulangan kata sebagai penegasan yang di runut dalam baris yang sama.
Contoh:dalam kesunyian malam waktu tidak berpawang tidak berkawan.
(dari di bawa gelombang sanusi pane)
4).aliterasi
Adalah majas yang memanfaatkan kata-kata yang permulaannya sama bunyinya.
Contoh:Dengarlah dendang durjana
Lelaki tua putra madura
(dari lagu nelayan selat madura liniya djowustin hasugian)
5).pararelisme
Adalah majas perulangan kata yang disusun dalam baris yang berbeda.
Contoh:sunyi itu lupa
Sunyi ituduka
Sunyi itu kudus
Sunyi itulapus
5.penguatan atau penegasan
Majas penguatan terdiri atas:
1).pleonasme
Adalah majas yang menggunakan kata-kata secara berlebihan dengan maksud menegaskan arti suatu kata.
Contoh:
(a).semua orang mendongak keatas melihat pertunjukan yang mengerikan.
(b).semua orang yang ada dilantai II agar segera turun ke lantai I.
2).paralelisme
Adalah majas yang biasanya ada didalam puisi.
Contoh:ilmu adalah jembatan masa depan
Ilmu adalah awal kemenangan
Ilmu adalah kesetiaan
3).repetisi
Adalahmajas perulangan kata-kata sebagai penegasan.
Contoh:(a).kamulah yang kucari,kamulah yang kutunggu,kamulah yang kuharap.
(b).marilah kita sambut pahlawan kita,marilah kita sambut idola kita,marilah kita sambut putra bangsa.
4).tautologi
Adalah majas penegasan dengan mengulang beberapa kali sebuah kata dalam sebuah kalimat dengan maksud menegaskan.kadang pengulangan itu menggunakan kata bersinonim.
5). sindiran
Majas sindiran terdiri atas:
1).ironi
Adalah majas yang menyatakan hal yang bertentangan dengan maksud menyindir.
Contoh:(a).ini baru anak pintar,setiap hari membolos.
(b).bagus sekali tulisanmu sampai tidak bisa dibaca
2).sinisme
Adalah majas yang menyatakan sindiran secara langsung.
Contoh:(a).lama-lama aku bisa jadi gila melihat tingkahlakumu itu.
(b).perkataanmu itu tidak sopan sekali.
3).sarkasme
Adalah majas sindiran yang paling kasar,majas ini biasanya diucapkan oleh orang yang sedang marah.
Contoh:(a).dasar kerbau dungu kerja begini saja tidak becus.
(b).mau muntah aku melihat wajahmu itu,pergi sana.